BPBD Bontang Butuh Pegawai Baru, Miliki Keahlian untuk Atasi Kebencanaan

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bontang, Usman (ist)

DIGTALPOS.com, Bontang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bontang menginginkan adanya penambahan tenaga kerja, lantaran masih kurangnya Sumber Daya Manusia yang bekerja di BPBD saat ini.

Kepala Pelaksana BPBD Bontang, Usman mengatakan, pihaknya harus melakukan pelatihan terlebih dahulu. Karena, jika melalui perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), perlu menyertakan sertifikat keahlian.

Ia mengungkapkan, jika ingin menjadi bagian dari BPBD Bontang. “Bukti pengalaman kerja, keahlian atau pengalaman khusus yang menjadi persyaratan wajib dilampirkan,” ujarnya, Senin (15/7/2024).

Usman menambahkan, keahlian yang diperlukan dalam mengatasi kebencanaan, seperti menyelam, Surat Izin Mengemudi (SIM), ataupun penanganan pertama. Sebab itu, pihaknya ingin mengelar pelatihan bagi masyarakat yang ingin menjadi relawan. Karena, nantinya akan diberikan bekal ilmu.

“Selain itu kami sertakan sertifikat di akhir kegiatan, guna membantu perekrutan ketika dibuka,” imbuhnya.

Menurutnya, bekerja di BPBD bukan hanya perihal administrasi saja, namun harus mempunyai keahlian dan kompetensi yang diperlukan di bidang kebencanaan. Maka, dibutuhkan sertifikat keahlian, jika ingin mendaftar di BPBD.

Melalui sertifikat pelatihan itu, diharapkan pegawai yang mendaftar di BPBD akan banyak dan kemampuannya sesuai kriteria. (Adv)

Penulis: SdahEditor: Redaksi