BPBD Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana di Lapas Bontang

DIGTALPOS.com, Bontang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bontang, menggelar Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bencana, Kamis (4/7/2024).

Bertempat di Lapangan Lapas Bontang, kegiatan diikuti sebanyak 40 orang pegawai dan 100 warga binaan. Tampak hadir membuka kegiatan yakni Kepala Lapas Kelas IIA Bontang, Suranto bersama Kepala BPBD Bontang, Usman HM. Selain itu turut hadir Pejabat Struktural Lapas Bontang, dan 14 orang Instruktur BPBD.

Usman bersama Tim BPBD menyampaikan, tujuan akhir dari kegiatan ini adalah dapat memahami situasi baik pra bencana, saat dan pasca bencana, siap siaga dan tanggap darurat.

Kegiatan diawali sosialisasi dan pengarahan oleh Tim Instaruktur dari BPBD Bontang, kemudian peserta mendapatkan materi terkait evakuasi pada bangunan, pertolongan pertama, dan tata cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) jenis fire block dan tabung powder.

“Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi petugas dan warga binaan dalam menanggulangi bencana khususnya kebakaran sehingga dapat mengambil tindakan yang terukur dan meminimalisir korban ataupun kerugian materi,” kata Usman.

Sementara itu, Suranto menyampaikan terima kasih kepada Tim Instruktur dari BPBD Bontang yang sudah bersedia memberikan materi dalam sosialisasi dan simulasi kali ini. Menurutnya, hal ini sangat penting agar Lapas Bontang dapat mencegah dan siap siaga dalan situasi darurat.

“Karena itu, semua materi dan latihan akan sangat bermanfaat bagi kami,” tandas Suranto. (adv)

Penulis: BamsEditor: Redaksi