DPK Usung Program Silang Layan, Bangkitkan Seluruh Perpustakaan di Bontang

Kepala DPK Kota Bontang, Retno Febriaryanti (ist)

DIGTALPOS.com, Bontang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) menjalankan program layanan berupa Silang Layan, untuk meminjamkan buku-buku koleksinya ke berbagai perpustakaan di Kota Bontang.

Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti menjelaskan, program ini memiliki batas waktu tertentu untuk memberikan koleksi bukunya. Setelah jatuh tempo, pihaknya akan melakukan pembaharuan judul buku-buku pada perpustakaan-perpustakaan yang ada di Kota Bontang.

Adapun jenis perpustakaan tersebut biasanya berada di kelurahan, sekolah, dan lapas. Peminjaman buku tersebut biasanya mitra perpustakaan akan melakukan konfirmasi ke DPK agat pihaknya bisa segera melakukan peminjaman buku di tempat tersebut.

Ia mengungkapkan, program ini sebagai bentuk kontribusi DPK, agar perpustakaan yang ada, tidak perlu membeli buku. Nantinya, DPK akan menaruh buku-bukunya ke perpustakaan tersebut, sekitar 250 buah.

“Sistemnya digilir beberapa bulan sekali, jadi bukunya di refresh juga. Kali aja ada pembaca setia di satu perpus itu,” ujarnya, Senin (24/6/2024).

Namun ia mengatakan, tidak semua perpustakaan melayani pinjaman buku. Biasanya perpustakaan di kelurahaan hanya boleh membacanya saja di tempat, ketika datang berkunjung.

Suasana Perpustakaan Kota Bontang (digtal/As))

Sama halnya dengan Kelurahan Satimpo, Retno menyatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi kepada DPK, untuk berkontribusi meminjamkan buku-bukunya. Bahkan, Satimpo akan membangun perpustakaan mini, yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum. Selain itu, disediakan gazebo agar bisa digunakan anak-anak muda untuk berdiskusi.

“Ini bentuk kontribusi DPK dalam membantu minat baca masyarakat. Nantinya, buku-buku kami yang di perpustakaan kecil akan diganti dua sampai tiga bulan, pungkasnya. (Adv)

Penulis: SdahEditor: Redaksi