BPBD Bontang Dorong Instansi Beri Edukasi Kebencanaan di Lingkungan Kerja

BPBD Bontang saat memberikan Sosialisasi Kebencanaan Dan Simulasi Evakuasi Bencana kepada pegawai KPKNL Bontang (ist)

DIGTALPOS.com, Bontang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bontang melakukan Sosialisasi Kebencanaan Dan Simulasi Evakuasi Bencana, untuk pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kota Bontang, Jum’at (28/6/2024),

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bontang, Usman, melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Ismail mengatakan, pihak KPKNL menggelar sosialisasi tersebut, dalam rangka implementasi Keputusan Menteri Keuangan Nomor 520/KMK.01/2021 tentang Pedoman Manajemen Keberlangsungan Bisnis Kementerian Keuangan.

Sosialisasi kebencanaan dan simulasi evakuasi berguna agar pegawai lebih awas diri dan menerapkan budaya sadar bencana. Pihaknya mengapresiasi KPKNL, yang telah mengadakan kegiatan tersebut dalam dua tahun terakhir.

Menurutnya, setiap instansi penting untuk memberikan atensi khusus terkait penanggulangan bencana, mengenal potensi bencana dan menghadapi keadaan darurat di lingkungan kerja.

“Karena di mana pun perlu ada upaya pencegahan dan kesiapsiagaan sebagai bentuk kewaspadaan dan antisipasi dini terhadap kejadian darurat bencana,” ujarnya.

Terdapat tiga tahapan manajemen bencana, yaitu pra bencana, saat bencana dan pasca bencana. Maka, penting untuk memperkuat upaya – upaya pra bencana, guna meminimalisir terjadinya bencana di sekitar.

Ismail menekankan, lembaga-lembaga lainnya lebih peduli terhadap penanggulangan bencana. Karena, para pegawai bisa memahami untuk menghadapi situasi ketika bencana datang. Selain itu, sosialisasi dan simulasi ini menciptkan peluang angka keselamatan di lingkungan kerja menjadi lebih tinggi.

“Pegawai nantinya mengerti akan melakukan apa, bagaimana menyelamatkan diri, bagaimana penanganan pertama ketika mendapati kejadian atau mengevakuasi korban yang terdampak,” pungkasnya. (Adv)

Penulis: SdahEditor: Redaksi