DPK Mudahkan Layanan Akses Buku untuk Pemustaka

Suasana ruang baca perpustakaan DPK Bontang. (ist)

DIGTALPOS.com, Bontang – Kota Bontang berhasil mencatatkan diri dengan tingkat kegemaran membaca masyarakat (TGM) tertinggi di Kalimantan Timur. Salah satu faktor kunci yang mendukung pencapaian ini adalah tingginya kunjungan masyarakat ke perpustakaan daerah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang, Retno Febryanti, mengungkapkan bahwa penilaian TGM sangat dipengaruhi oleh jumlah pengunjung perpustakaan yang mendapatkan pelayanan.“Jadi memang salah satu indikator penilaiannya itu adalah kunjungan masyarakat ke perpustakaan itu berapa,” jelas Retno belum lama ini.

Untuk mencapai tingkat kunjungan yang tinggi, DPK Bontang berkomitmen menyediakan layanan perpustakaan yang mudah dan cepat. Beragam inovasi layanan telah diimplementasikan untuk memudahkan pemustaka dan masyarakat dalam mengakses buku, baik secara langsung maupun daring.

DPK Bontang tidak hanya menawarkan pelayanan pinjam buku secara langsung di perpustakaan, tetapi juga menyediakan berbagai layanan berbasis teknologi.

Suasana ruang baca perpustakaan DPK Bontang. (ist)

Berikut beberapa cara meminjam buku di DPK Bontang:

1. OCAS (Online Catalog As Services): Koleksi buku dapat diakses melalui OCAS dari perangkat gawai kapan saja dan di mana saja.
2. Layanan DIKTA: Masyarakat dapat memesan buku melalui layanan DIKTA, dan buku akan diantar langsung ke rumah. Layanan ini dapat dihubungi di 0822-4989-6919.
3. Kunjungan ke Perpustakaan: Pengunjung yang datang langsung ke DPK Kota Bontang dapat mengisi daftar hadir dengan men-scan kartu anggota di lobby.
4. Pencarian Buku melalui OPAC: Pengunjung dapat mencari koleksi buku melalui OPAC (Online Public Access Catalog) di komputer yang telah disediakan.
5. Bantuan Petugas: Jika mengalami kendala dalam mencari buku di rak, pengunjung dapat meminta bantuan petugas di meja pelayanan.
6. Proses Peminjaman: Buku yang ingin dipinjam dapat dibawa ke meja petugas di ruang Sirkulasi lantai 1. Pengunjung hanya perlu menyerahkan kartu anggota perpustakaan untuk proses peminjaman.
7. Masa Peminjaman: Buku yang dipinjam dapat dibawa pulang dengan masa peminjaman 7 hari. Jika ingin memperpanjang masa pinjaman, dapat menghubungi call center di 0822-4989-6919.

Dengan berbagai kemudahan dan inovasi layanan ini, DPK Kota Bontang berharap dapat terus meningkatkan minat baca masyarakat dan mempertahankan prestasi sebagai kota dengan TGM tertinggi di Kalimantan Timur. (adv)

Penulis: BamsEditor: Redaksi