Perpusnas RI Tetapkan Delapan Perpustakaan Bontang Raih Akreditasi

penyerahan sertifikat akreditasi perpustakaan oleh DPK Kaltim ke delapan perpustakaan di Bontang. (ist)

DIGTALPOS.com, Bontang – Tahun ini, delapan perpustakaan di Bontang berhasil mendapatkan akreditasi dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, mencakup perpustakaan di tingkat kelurahan hingga sekolah baik di tingkat SD maupun SMA.

Dua dari delapan perpustakaan tersebut meraih predikat A, yakni Perpustakaan SMA YPK Bontang dan Perpustakaan Apiek SMA Negeri 1 Bontang. Enam perpustakaan lainnya meraih predikat B, antara lain Perpustakaan Mercusuar Kelurahan Loktuan, Perpustakaan Smart SDN 009 Bontang Utara, Perpustakaan Lentera SDN 005 Bontang Utara, Perpustakaan SDN 002 Bontang Utara, Perpustakaan SDN 010 Bontang Selatan, dan Perpustakaan Pelita Nusantara SDN 010 Bontang Utara.

Penyerahan sertifikat akreditasi perpustakaan dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur, HM Syafranuddin, di Ruang Multimedia Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bontang di Jalan HM Ardans Pisangan, Kelurahan Satimpo, Kecamatan Bontang Selatan, Selasa (25/6/2024).

Foto bersama penyerahan sertifikat akreditasi perpustakaan oleh DPK Kaltim ke delapan perpustakaan di Bontang. (ist)

Syafranuddin menyatakan bahwa sertifikat akreditasi ini diberikan berdasarkan hasil visitasi dan penilaian oleh asesor perpustakaan dari Perpusnas RI terhadap perpustakaan yang mengajukan akreditasi pada periode triwulan IV tahun 2023. Dari hasil tersebut, delapan perpustakaan di Bontang dinyatakan memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Menurutnya, proses akreditasi menjadi tolok ukur dalam pengelolaan perpustakaan, mengingat banyaknya perubahan item penilaian yang harus dipenuhi untuk menaikkan akreditasi perpustakaan. Ia berharap ke depan semua perpustakaan di Bontang bisa terakreditasi, karena hal ini turut mendongkrak Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya akan berperan dalam mengisi tenaga kerja di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Jangan sampai kita kalah oleh pelamar dari luar Kaltim. Ini wilayah kita, SDM harus diberdayakan dengan baik,” tegas pria yang akrab disapa Ivan tersebut.

Penyerahan akreditasi juga dihadiri oleh Indra Nopika Wijaya, Kabid Perpustakaan DPK Bontang, serta Wali Kota Bontang yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum, Akhmad Suharto. (adv)

Penulis: BamsEditor: Redaksi