BPBD Bontang Harap Ada Penambahan Pos Penolong Perairan

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Ismail, saat menghadiri peresmian Pos Penolong Pelabuhan Berbas Pantai (ist)

BONTANG.com, Bontang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bontang menghadiri peresmian Pos Penolong Pelabuhan Berbas Pantai, yang didirikan oleh Sat Polairud Polres Bontang, di Dermaga Ujung, Jalan Diponegoro, Kelurahan Berbas Pantai, Bontang Selatan, Senin (24/6/2024).

Pendirian pos itu berfungsi untuk mengantisipasi dampak yang timbul, dari banyaknya kunjungan wisatawan lokal ataupun luar kota ke Pulau Beras Basah.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bontang, Usman, melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Ismail mengapresiasi pengadaan pos tersebut. Menurutnya, hal tersebut termasuk hal penting, guna melayani masyarakat mengenai keamanan di wilayah laut.

“Ini juga memberikan rasa aman bsgi wisatawan atau masyarakat sekitar dengan potensi bahaya yang ada,” ujarnya.

Pos tersebut berada di lokasi yang strategis untuk menerima laporan kejadian, karena suasana yang ramai dengan pengunjung tempat hiburan dan bongkar muat ikan.

Dirinya berharap, pihaknya juga bisa mendirikan Pos Penolong di lokasi lain, seperti di sekitar Pulau Gusung, Kelurahan Guntung. Pasalnya, titik itu merupakan muara masuknya nelayan dan dekat dengan objek vital nasional.

Ia menilai, saat ini, pos penolong terbilang masih kurang. Sedangkan, sebagian kawasan di Kota Bontang adalah daerah pesisir. Selain itu, terdapat tempat wisata kelautan yang cukup banyak.

”Kehadiran pos jaga itu sangat membantu terutama untuk pencegahan sebelum terjadinya bencana di perairan,” kata Ismail.

Dirinya memastikan, BPBD Bontang akan bersinergi dengan Sat Polairud Polres Bontang dan stakeholder lainnya, untuk melakukan pencegahan dan penanganan bencana. (Adv)

Penulis: SdahEditor: Redaksi