Membanggakan, DPK Bontang Raih Peringkat Teratas Penerapan Srikandi Secara Nasional

DPK Bontang raih teratas secara nasional nomor satu penerapan Srikandi untuk kategori tingkat kota. (ist)

DIGTALPOS.com, Bontang – Prestasi membanggakan kembali diraih Dinas perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang. Belum lama ini di bidang kearsipan, DPK Bontang ditetapkan sebagai pengguna aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) teratas secara nasional nomor satu untuk kategori tingkat kota. Penilaian ini dirilis oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) tahun 2024.

Retno Febriaryanti, Kepala DPK Bontang mengatakan, pencapaian ini merupakan kejutan bagi dirinya dan jajarannya. Hal ini menunjukkan, bahwa penerapan aplikasi Srikadi di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unit Pelaksana Teknis (UPT), hingga kecamatan dan kelurahan di lingkungan Pemkot Bontang, sudah berjalan baik.

Termasuk keterlibatan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) juga sangat penting. Sebab OPD tersebut turut membantu menyediakan layanan jaringan internet dan berbagai kode yang ada di dalam aplikasi tersebut

“Hal ini diharapkan bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan secara berkelanjutan,” ungkap Retno saat dikonfirmasi belum lama ini.

Flyer DPK Bontang raih teratas secara nasional nomor satu penerapan Srikandi untuk kategori tingkat kota. (ist)

Meski Bontang cukup terlambat dalam penerapan aplikasi ini dibandingkan kabupaten/kota lain, namun DPK Bontang memiliki alasan tersendiri. Retno menyebut hal itu lantaran Pemkot Bontang memilih lebih dulu mempersiapkan payung hukumnya, seperti Peraturan Wali Kota (Perwali). Ke depan, pembinaan untuk penggunaan aplikasi ini diharapkan bisa menjangkau secara luas. Sasaran selanjutnya yakni berbagai sekolah yang ada di Kota Taman. Nantinya, DPK Bontang bakal menjajaki kerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik).

“Harapannya semoga bisa terlaksana tahun ini. Teknisnya mungkin nanti akan kami kumpukan dan akan berikan bimbingan teknis (bimtek),” pungkas Retno. (adv)

Penulis: BamsEditor: Redaksi