Daerah  

Tempuh Jarak 7,9 KM, Dua Ribu Pelari Meriahkan Pupuk Kaltim Merdeka Run 2024

Tempuh Jarak 7,9 KM, Dua Ribu Pelari Meriahkan Pupuk Kaltim Merdeka Run 2024
Suasana lomba lari Pupuk Kaltim Merdeka Run 2024. (Dok.HMS/PKT)

DIGTALPOS.com, Bontang, Kalimantan Timur – Meriahkan peringatan HUT RI ke-79 tahun, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) gelar lomba lari bertajuk Pupuk Kaltim Merdeka Run 2024, yang diikuti ribuan peserta dari karyawan dan keluarga besar perusahaan hingga warga Bontang. Kegiatan ini mengambil rute sepanjang 7,9 Kilometer (KM), dengan titik Start dan Finish di halaman parkir GOR Pupuk Kaltim, Sabtu (24/8/2024).

Ketua Panitia HUT RI Ke-79 Pupuk Kaltim, Rizal Wahyudi, menyampaikan total peserta tahun ini jauh lebih banyak dibanding sebelumnya yang mencapai 2.000 orang. Pupuk Kaltim sengaja membuka partisipasi dan kepesertaan dari masyarakat umum hingga pelajar di Kota Bontang, sebagai bentuk kebersamaan dalam merayakan HUT RI di lingkungan perusahaan.

“Kegiatan ini salah satu rangkaian kemeriahan HUT RI ke-79 tahun di lingkungan Pupuk Kaltim. Berbagai agenda lain juga melibatkan peran serta warga Bontang seperti Musik Kemerdekaan, Pesta Rakyat hingga mancing mania dan lainnya,” tutur Rizal.

SVP Operasi 2 Pupuk Kaltim, Sujak, mengungkapkan kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan Pupuk Kaltim dalam memeriahkan HUT RI, dengan merayakan bersama keluarga besar perusahaan dan masyarakat. Hal ini juga bentuk dorongan Pupuk Kaltim dalam membudayakan pola hidup sehat, agar menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam diri setiap insan.

Merdeka Run 2024 juga digagas dalam upaya mengisi kemerdekaan melalui kegiatan bermanfaat, karena semangat berlari tidak hanya berorientasi untuk menjaga kebugaran fisik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai perjuangan, disiplin dan kerjasama.

“Bagi Pupuk Kaltim, Merdeka Run ini juga momentum penting untuk mempererat hubungan antara perusahaan, karyawan dan masyarakat melalui semangat persatuan dalam rasa kebersamaan,” ujar Sujak.

Sejalan dengan tema ”Nusantara Baru, Indonesia Maju” pada HUT RI tahun ini, jarak tempuh Merdeka Run sepanjang 7,9 KM menjadi bentuk representasi semangat juang dalam mencapai tujuan pada momen 79 tahun kemerdekaan Indonesia.

Dimana lari merupakan simbol dari kemajuan, karena setiap langkah yang diambil membawa lebih dekat kepada tujuan yang diharapkan. Hal itu dinilai sesuai dengan perjalanan bangsa.

melalui usaha dan kerja keras secara bersama, untuk membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

“Mari kuatkan rasa kebersamaan dalam setiap langkah yang diambil, sebagai wujud bakti kita dalam mengisi kemerdekaan dengan semangat juang yang tinggi,’ imbau Sujak.

Pupuk Kaltim pun memberikan apresiasi bagi para pemenang dalam empat kategori, yakni kategori karyawan putra, kategori karyawan putri, kategori umum putra dan kategori umum putri. Tiap kategori diambil peringkat lima besar teratas, ditambah spesial penghargaan untuk tiga peserta dengan kostum terbaik.

“Semoga Merdeka Run tahun ini bisa memenuhi animo para pelari di Kota Bontang, melalui semangat juang untuk mencapai garis finish khususnya bagi 2.000 peserta yang terlibat,” tambah Sujak.

Wakil Wali Kota Bontang Najirah, yang sekaligus melepas peserta Merdeka Run 2024 mengapresiasi langkah Pupuk Kaltim memberikan wadah dan memfasilitasi masyarakat pecinta olahraga lari di Kota Bontang. Kata dia, hal ini sebagai upaya menumbuhkan rasa kebersamaan pada momen HUT RI ke-79 tahun, melalui semangat berlari untuk memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

“Pemkot Bontang sangat menyambut baik kegiatan ini, dimana Pupuk Kaltim setiap tahun selalu hadir memberi manfaat dalam merayakan Hari Kemerdekaan bersama masyarakat,” kata Najirah.

Dirinya pun menyebut tingginya antusias masyarakat yang berpartisipasi di Pupuk Kaltim Merdeka Run setiap tahun, menunjukkan jika rasa kebersamaan dan saling dukung antara Perusahaan dengan masyarakat semakin terbina dengan baik. Oleh karena itu, dirinya pun mendorong hal ini dapat terus ditingkatkan, sehingga peran serta seluruh pihak dalam pembangunan Kota Bontang memberikan dampak yang lebih signifikan.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk terus mendukung Pupuk Kaltim agar manfaat perusahaan semakin berdampak terhadap pembangunan yang selama ini direalisasikan di Kota Bontang,” tutup Najirah. (*)

Penulis: PKTEditor: Redaksi