Khawatir Sebabkan Lakalantas, Dewan Kutim Minta Traffic Light Rusak Segera Diperbaiki

Anggota DPRD Kutai Timur, Novel Tyty Paembonan. (int)

DIGTALPOS.com, Kutim – Traffic light di simpang empat Jalan Karya Etam, Sangatta Utara, Kutai Timur, yang saat ini mengalami kerusakan alias tidak berfungsi, mendapat atensi dari Anggota DPRD Kutim, Novel Tyty Paembonan.

Politikus Partai Gerindra Kutim itu menyebut, fasilitas lalu lintas itu sangat berdampak besar dalam kelancaran aktivitas kendaraan.

“Kehadiran traffic light sangat diperlukan. Salah satu tujuannya, yakni untuk menjamin ketertiban umum dalam berlalulintas,” kata Tety kepada awak media saat ditemui di kantor DPRD Kutim belum lama ini.

Apalagi, lanjut dia, semakin hari jumlah kendaraan terus bertambah. Jika traffic light tidak dimaksimalkan, lalu lintas akan berantakan bahkan bisa memicu terjadinya kecelakaan. Ia bahkan mendesak dinas terkait agar segera melakukan tindak lanjut.

“Pemerintah seharusnya tidak tutup mata terkait hal ini, itukan lampu merah tidak menyala, mustinya Dinas Perhubungan (Dishub) Kutim yang memiliki tanggung jawab utama, segera mengambil langkah cepat dalam penanganan,” katanya.

Diketahui, sejumlah manfaat dan fungsi traffic light yakni untuk menghindari hambatan karena adanya perbedaan arus jalan bagi pergerakan kendaraan, memfasilitasi persimpangan antara jalan utama untuk kendaraan dan pejalan kaki dengan jalan sekunder sehingga kelancaran arus lalu lintas dapat terjamin.

Selain itu, juga untuk engurangi tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh tabrakan karena perbedaan arus jalan. Novel berharap, pemerintah dan pihak terkait dapat bekerjasama untuk segera menyelsaikan persoalan tersebut sebelum terjadi kecelakaan lalu lintas. (Adv)

Penulis: SnEditor: Redaksi