Daerah  

Tingkatkan SDM, LPM Kelurahan Guntung Ikut Kegiatan Bimtek

Foto bersama peserta Bimtek Peningkatan SDM LPM Kelurahan Guntung (Dital/Asep)

DIGTALPOS.com, Balikpapan – Sebanyak 25 Anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur, mendapat pembekalan peningkatan SDM melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) selama 4 hari, mulai tanggal, 8-11 Mei 2024.

Bertempat di Ruang Colors, Hotel Ibis Balikpapan, SDM mitra kelurahan ini kembali ditempa sebagai upaya untuk mewujudkan Kelurahan Guntung menjadi lebih baik.

Dari amatan media ini di lokasi, semua peserta tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian yang disiapkan. Kegiatan Bimtek ini dibuka langsung oleh Lurah Guntung, Denny Febrian, didampingi Kasi Perberdayaan Masyarakat (PM) Kelurahan Guntung, Asmawi. Adapun untuk pemateri di isi oleh Ketua DPD LPM Kota Balikpapan, Damanhuri didampingi Ariefda.

Dikatakan Denny Febrian, kegiatan Bimtek ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan bagi LPM Guntung di luar Bontang. Tujuannya, disamping untuk menambah pengetahuan dan wawasan anggota LPM, juga sebagai ajang silaturahmi dan mempererat keguyuban antar sesama, sekaligus wadah diskusi dalam menggali dan mengembangkan potensi yang ada di Kelurahan Guntung.

“Semoga lewat kegiatan ini, banyak ide yang muncul untuk terus mengembangkan potensi yang ada di Kelurahan Guntung,” ucapnya.

Denny juga mengajak para peserta Bimtek untuk membawa semangat dan ilmu yang diperoleh dari pelatihan ini untuk diaplikasikan nantinya, sehingga tagline ” Guntung Rakat, Guntung Hebat ” bisa terealisasi.

Tak bermaksud mebeda-bedakan, kata Denny, namun ia menilai masyarakat Guntung memiliki kekompakan yang berbeda dengan lainnya. Ia mencontohkan dalam penyelenggaraan event, semuanya terjun saling membantu kesuksesan acara tersebut, baik itu dari PKK, Karang Taruna, maupuan LPM.

“Semoga kegiatan ini dapat membawa keberkahan untuk kita semua,” ujarnya.

Foto bersama peserta Bimtek Peningkatan SDM LPM Kelurahan Guntung (Dital/Asep)

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Guntung, Hariyanto, memberikan apresiasi kepada pihak kelurahan atas pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya peningkatan SDM ini sangat dibutuhkan oleh anggota LPM guna meningkatkan sinergi serta kolaborasi baik dengan pihak kelurahan maupun masyarakat.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Kelurahan Guntung yang telah memfasilitasi kegiatan Bimtek ini. Dengan mengikuti pelatihan ini, pengurus dan anggota LPM jadi lebih tau tentang tugas dan fungsinya di masyarakat,” ucap pria berkacamata itu.

Hariyanto mengaku, banyak ilmu yang diperloleh dari kegiatan ini, baik untuk dirinya sebagai Ketua LPM Kelurahan Guntung, maupun untuk penggurus dan anggota LPM lainnya.

“Semoga semangat membangun dari LPM Guntung bisa terus membara untuk pembangunan dan kemajuan masyarakat,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, selain melaksanakan kegiatan Bimtek, LPM Guntung  juga melaksanakan rapat kerja serta diskusi, dengan menyusun program kerja masing-masing bidang selama 1 tahun kedepan. (*)

Penulis: AsepEditor: Redaksi