DPC Partai Umat Nunukan Catut Nama Jurnalis Kompas.com di Samarinda Jadi Pengurus Kecamatan

Zakarias Demon Daton dicatut jadi pengurus Partai Umat tingkat kecamatan di Kabupaten Nunukan (ist)

DIGTALPOS.com, Samarinda – Nama Jurnalis Kompas.com di Samarinda, Zakarias Demon Daton dicatut jadi pengurus Partai Umat tingkat kecamatan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Zaki sapaan akrabnya mengaku baru mengetahui namanya dicatut setelah mengecek situs resmi KPU : https://infopemilu.kpu.go.id/, pada Rabu (18/10/2023) sore.

Melalui situs itu, tertera namanya dan NIK KTP sebagai Ketua Partai Umat Kecamatan Nunukan Selatan dengan Nomor KTA 6503091001.D.07887504.

“Saya keberatan atas pencatutan ini. Saya tidak pernah punya hubungan apa pun atau pun berkomunikasi dengan pengurus Partai Umat di Nunukan. Saya minta Partai Umat segera cabut nama saya dari daftar kepengurusan itu,” ungkap Zaki.

Zaki berencana melaporkan kasus ini kepada Bawaslu Nunukan untuk diproses lebih lanjut.

“Saya juga meminta kepada Partai Umat mengklarifikasi. Dari mana mereka dapat NIK KTP saya? Itu bisa saya pidanakan loh, menyalahgunakan identitas saya tanpa izin,” tegas dia.

Dalam Undang-Undang Nomor 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan, para penyalah guna data kependudukan milik orang lain tanpa izin, ancaman pidananya 2 tahun juga denda. Ini berlaku baik secara individu maupun lembaga. [*]

Penulis: AJIEditor: Redaksi