Video  

VIDEO : Peringati HJB ke-693, Bupati Bone Ziarah ke Situs dan Makam Raja-Raja Bone

DIGTALPOS.com, Bone – Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padlangi bersama Wakil Bupati Ambo Dalle dan unsur Forkopimda Bone, menziarahi situs dan makam Raja-Raja Bone yang berada di wilayah Kabupaten Bone, Minggu (30/4/2023).

Situs dan makam yang diziarahi di antaranya situs Raja Bone ke-1 Manurunge Ri Matajang, di Jalan Manuruge. Makam Raja Bone ked-2 Laummasa Petta Panre Bessie, di Jalan Ahmad Yani, Kota Watampone.

Makam Raja Bone ke-24 La Mappasessu To Appatunru Sultan Ismail Muhtajuddin dan Raja Bone ke-29 La Singkeru Rukka, yang berada di belakang Masjid Tua Al-Mujahidin, Jalan Sungai Citarum.

Selanjutnya, Makam Raja Bone ke 13 Lamaddaremmeng dan Ratu ke-17 dan 21 We Bataritoja Datu Talaga Arung Timurung Sultanah Zainab Zulikyahtuddin, yang berada di Perkuburan Kalokkoe, Kelurahan Bukaka.

Kemudian, makam Panglima Perang Bone Petta Ponggawae, dan makam Raja Bone ke-33 (raja Bone terakhir) yakni La Pabbenteng Petta Lawa yang berada di Desa Matuju, dan makam Raja Bone ke-13 La Patau Matanna Tikka, di Desa Nagauleng Kecamatan Cenrana.

Giat ziarah ini merupakan rangkaian Hari Jadi Bone ke-693, dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya setiap peringatan Hari Jadi Bone.

Fahsar berharap nilai-nilai Budaya di Kabupaten Bone ini dijaga dan terus dilestarikan, karena hal itu menjadi suatu kebanggaan yang menjadikan Bone sebagai “soul of bugis” (jiwa bugis).

Penulis : Abdullah