Daerah  

DPMD Bone Gelar Bimtek Bagi Tim Evaluasi dan Verifikasi APBDesa Tingkat Kecamatan

Pembukaan Bimtek Bagi Tim Evaluasi dan Verifikasi APBDesa Tingkat Kecamatan Tahun 2022, di Ballroom Hotel Novena, Kamis (27/10). (foto;AAS)

DIGTALPOS.com, Bone – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bone menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Tim Evaluasi dan Verifikasi APBDesa tingkat kecamatan tahun 2022, di Ballroom Hotel Novena, Kamis (27/10/2022).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Andi Islamuddin, didampingi Kepala DPMD Bone Andi Gunadil Ukra, dan dihadiri para camat atau sekcam lingkup Pemkab Bone.

Sekda Bone Andi Islamuddin mengapresiasi pelaksanaan Bimtek ini. Diharapkan seluruh program  yang akan di laksanakan di 328 desa di kabupaten Bone, bisa berjalan dengan ketentuan dan peraturan perundangan- undangan  yang belaku

“Yang terpenting adalah kita tidak bersentuhan dengan aparat penegak hukum,” ucapnya.

Kegiatan APBDesa ini bertujuan agar para desa mengelolah dana desa dengan baik untuk masyarakatnya . Kata dia, dana yang diberikan pemerintah pusat selain untuk pembangunan desa, pun untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya.

“Oleh karna itu diolah sebaik-baiknya oleh desa,” pesannya.

Sementara itu, Kepala DPMD Bone Andi Gunadil Ukra mengatakan ada 4 hal yang tidak bisa ditolerir dalam penggunaan dana desa.

Pertama kata dia, membuat perencanaan dengan perencanaan jadwal pemilihan, dan yang kedua; proyek pembangunan fiktif.

“Ada pertanggungjawaban administrasinya setelah didata tetapi tidak ada hasilnya di lapangan.

Ketiga, lanjut Gunadil, membuat pembangunan tanpa RAB. “Terakhir, mempertanggung jawabkan proyeknya sendiri,” jelasnya.

Penulis : Adi Ahmad Subastian