Komisi II Soroti Rencana Pemkot Soal Tambahan Penyertaan Modal di Bank Kaltimtara

Ketua Komisi II DPRD Bontang, Rustam Hs. (Digtal/HR)

DIGTALPOS.com, Bontang – Komisi II DPRD Bontang menyoroti rencana pemerintah yang akan menambah penyertaan modal sebesar Rp 75 miliar kepada Bank Kaltimtara. Pasalnya, penyertaan modal yang dilakukan pemerintah sebelumnya sebesar Rp 63 miliar hanya memberi deviden Rp 2,7 milar saja.

Angka tersebut dinilai Ketua Komisi II Rustam terlalu kecil, jika dihitung-hitung, kata dia, nilai investasi sebesar itu harusnya bisa memberi nilai lebih bagi PAD. Sebab itu, Ia meminta agar pihak bank memaparkan naskah akademik dan bussines plan secara realistis.

“Kami minta perusahaan memaparkan ulang naskah akademik dan bussines plannya secara jelas,”Kata Rustam usai rapat bersama Bank Kaltimtara, Senin (18/10/2021).

Senada, anggota Komisi II DPRD Bontang Nursalam juga meminta agar pihak perusahaan mempertegas asas manfaat dari investasi yang akan diberikan oleh pemerintah. Mengingat, jumlah anggaran tersebut menurutnya sangatlah besar.

“Jadi nggak hanya bicara soal deviden, asas manfaatnya juga harus jelas. Misalnya, kemudian pinjaman dengan bunga kecil bagi masyarakat Bontang,”ujar Nursalam.

Ditempat yang sama, Kepala bidang perkreditan, Herianto mengatakan, dirinya enggan berkomentar banyak terkait persoalan tersebut, karena hal itu merupakan kewenangan dari pimpinan pusat.

“Saya tidak bisa berkomentar banyak. Soal aturan itu kewenangannya pimpinan pusat,”jelas Herianto (HR).