BCC Absen di HUT Kota Bontang, Pemkot Siapkan Opsi Gelar 3 Lomba

Ilustrasi kegiatan BCC (ist)

DIGTALPOS.com, Bontang – Acara Bontang City Carnival (BCC) kembali absen, pada acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bontang ke 22, tahun 2021.

Absennya salah satu acara ikonik yang biasa digelar pada peringatan hari jadi Kota Bontang ini, lantaran kondisi Pandemi Covid 19 yang masih melanda Kota Taman (sebutan Bontang). Ini merupakan tahun ke 2, festival BCC ditiadakan, setelah pada tahun 2020 lalu, pemkot juga memberlakukan hal serupa.

“Iya tahun ini memang kita tiadakan lagi untuk menghindari kerumunan,” kata Asisten I Bidang Pemerintah Bontang, M. Bahri, saat ditemui di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Senin (4/10/2021).

Kendati demikian, masyarakat tidak perlu khawatir, agar peringatan HUT Kota Bontang dapat dirasakan masyarakat, pemerintah telah menyiapkan opsi lain, yakni dengan mengelar lomba untuk masyarakat umum. Ada 3 lomba yang dipertandingkan, diantaranya, lomba video pendek, lomba lari dan lomba sepeda.

Adapun kriteria, untuk mengikuti lomba tersebut ialah masyarakat yang bestatus domisili di Kota Bontang atau memiliki identitas Bontang.

“Setiap warga yang memiliki identitas masyarakat Bontang boleh mengikuti tanpa terkecuali,”terangnya.

Untuk lomba video, ada beberapa ketentuan yang wajib diikuti, diantaranya durasi video minimal 3-5 menit, dengan tema yang diangkat ialah potensi wisata yang ada di Bontang.

“Tema lomba kali ini yaitu Bontangku Hebat, jadi videonya fokus ke potensi wisata yang ada di Bontang,”jelasnya

Bagi pemenang lomba video kreatif, pemerintah telah menyiapkan sejumlah hadiah, diantaranya uang tunai sebesar Rp 5 juta untuk juara 1, Rp 3 juta untuk juara 2, dan Rp 2 juta untuk juara 3.

Untuk lomba lari dan sepeda, kata Bahri, jarak yang harus ditempuh peserta yakni 12 kilometer dan 22 kilometer. Jarak ini disesuaikan dengan HUT Bontang, yakni ke 22.

“Semua pakai aplikasi. Untuk lomba lari dan sepeda itu tidak ada star dan finishnya. Jika peserta sudah menyelesaikan lari dan sepedanya, selanjutnya melaporkan ke panitia, dan akan kami kasih undian,”bebernya.

Pendaftaran lomba lari dan sepeda akan dibuka mulai tanggal 6 Oktober 2021, melalui link yang nanti akan disebar panitia. Kedua lomba ini akan dimulai sejak tanggal 12-16 Oktober 2021.

Untuk diketahui, pemerintah tidak akan menentukan pemenang pada lomba lari dan sepeda. Bagi peserta yang sudah menyelesaikan lombanya, akan mendapatkan undian untuk mendapatkan doorprize. Dan bagi yang tidak menyelesaikan lombanya, akan dianggap gugur. (*)