Penyebab Kebakaran “Bola Soba” Bone Terjawab, Hasil Investigasi Tim Labfor Hempaskan Kesaksian Tatte

Kapolres Bone AKBP Try Handako saat memberi keterangan pers terkait hasil investigasi Tim Labfor terhadap penyebab kebakaran Bola Soba. (Digtal/Idul)

DIGTALPOS.com, Bone – Teka-teki penyebab kebakaran rumah adat kerajaan Bone atau yang lebih dikenal dengan “Bola Soba” (rumah persahabatan), akhirnya terungkap.

Dari hasil investigasi yang dilakukan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulawesi Selatan, disimpulkan bahwa penyebab kebakaran karena masalah kelistrikan.

Kapolres Bone AKBP Try Handako Wijaya Putra mengatakan, lokasi api pertama kebakaran (LAPK) berada pada kotak kontak rel lubang tiga, dengan beban kulkas dan dispenser yang terpasang pada tiang utama kayu bagian dapur anak bola (anak rumah) yang sejajar dengan teras tangga.

“Dari hasil pemeriksaan barang bukti, tidak ditemukan kandungan bahan bakar hydrocarbon,” kata AKBP Try membacakan hasil pemeriksaan Tim Labfor Polda Sulsel, di depan awak media, Mapolres Bone, Senin (30/3/2021) sore.

Kesimpulannya kata dia, penyebab kebakaran adalah tersulutnya barang barang yang mudah terbakar di lokasi api pertama kebakaran, akibat hubung longgar (loose contact) listrik yang terdapat pada plat tembaga kontak rel dengan lubang tiga (3), yang terhubung longgar dengan tusuk kontak dengan dispenser dan kulkas pada ruang tengah dapur.

Hal tersebut memicu terjadinya loncatan muatan elektron disertai busur api listrik (arcing) antara plat tembaga kotak kontak dengan besi tusuk kontak, sementara pengaman MCB (Miniatur Circuit Breaker) belum mendeteksi adanya arus ganggung tersebut.

Lebih lanjut Try menjelaskan, pengaman MCB yang tidak mampu bekerja memutus arus gangguan, maka busur api akan terus menerus terjadi yang kemudian menyebabkan timbulnya nyala api.

“Sementara di sekitarnya terdapat dinding anyaman gamacca dan triplek yang mudah terbakar, sehingga terjadilah kebakaran,” bebernya.

Hasil investigasi Tim Labfor Polda Sulsel ini pun menghempaskan kesaksian seorang penderita gangguang kejiwaan bernama Tatte.

Dalam sebuah video viral saat peristiwa kebakaran Bola Soba ini, Tatte memberikan kesaksiaan bahwa dirinya melihat seorang pria lanjut usia yang sengaja membakar, dengan menyiramkan minyak tanah pada bagian rumah adat kerajaan Bone ini. (dul)