Daerah  

Bawaslu Bone Gelar Pertemuan Strategis, Siapkan Pengawasan Pleno DPSHP dengan Panwascam

Bawaslu Bone gelar Rakor dengan seluruh Panwascam di Kabupaten Bone, Rabu (4/9/2024). (ist)

DIGTALPOS.com, Bone – Guna memastikan proses pengawasan pleno penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) pada tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) berjalan lancar, Bawaslu Bone mengadakan pertemuan penting dengan seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Bone, Rabu (4/9/2024).

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Bone, Muhammad Aris, yang juga memimpin Tim Fasilitasi (Timfas) Pengawasan, memfasilitasi pertemuan ini.

Aris menekankan pentingnya memastikan bahwa seluruh warga yang memiliki hak pilih, tetapi belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebelumnya, diakomodasi dalam DPSHP mendatang.

“Kita tengah menyusun berbagai strategi untuk memantau pleno DPSHP di tingkat PPS dan PPK. Prioritas utama kami adalah memastikan semua masyarakat yang berhak memilih tercatat dengan benar dalam DPSHP yang akan datang,” ujar Aris.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Bone, Alwi, menekankan kepada Panwascam untuk mengoptimalkan pengawasan berdasarkan rekomendasi yang diberikan oleh Bawaslu Kabupaten Bone saat pleno tingkat Kabupaten sebelumnya.

Ia menggarisbawahi pentingnya memeriksa data pemilih ganda yang mungkin masih tersisa, dan memastikan tidak ada data baru yang dikirim oleh KPU ke PPS setelah penetapan DPS.

“Panwascam harus memeriksa dengan teliti apakah data pemilih ganda yang kami rekomendasikan telah ditangani dengan baik dan memastikan tidak ada penambahan data baru dari KPU setelah penetapan DPS,” tegas Alwi.

Tahapan penting berikutnya dalam proses ini meliputi Pleno Rekapitulasi DPSHP tingkat PPS yang dijadwalkan pada 5-7 September 2024, dilanjutkan dengan Rekapitulasi DPSHP tingkat PPK pada 9-11 September 2024, dan akhirnya Rekapitulasi serta Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten/Kota yang akan berlangsung dari 14-21 September 2024.

Penulis: RandiEditor: Asep Suhendar