Daerah  

LPM Guntung Gelar Sosialisasi, Tingkatkan Kesadaran Anggota soal Tugas dan Fungsi LPM

LPM Guntung Gelar Sosialisasi, Tingkatkan Kesadaran Anggota soal Tugas dan Fungsi LPM
Suasana sosialisasi peran LPM Kelurahan Guntung dalam upaya pembangunan daerah. (Dok.digtalpos)

DIGTALPOS.com, Bontang, Kalimantan Timur – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Guntung menggelar sosialisasi peran LPM dalam upaya pembangunan daerah, khususnya di wilayah Kelurahan Guntung, berbasis kearifan lokal.

Bertempat di Aula Kantor Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara, kegiatan sosialisasi ini diikuti puluhan peserta. Adapun untuk narasumber, LPM Guntung menghadirkan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinsos-PM Kota Bontang, Yasur. Tampak hadir di lokasi acara, Lurah Guntung, Denny Febrian.

Dikemukakan Ketua LPM Kelurahan Guntung, Hariyanto, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anggota soal tugas dan fungsi LPM. Tugas LPM tak hanya sekadar menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dalam pembangunan saja, namun juga membantu mensukseskan program-program pemerintah, dengan meningkatkan kualitas dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Sebab itu, Hariyanto mengajak seluruh anggota untuk bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan sosialisasi ini hingga usai.” Mari bapak ibu kita ikuti kegiatan ini hingga selesai. Semoga apa yang disampaikan oleh narasumber nanti, bisa bermanfaat untuk kita semua,” kata Hariyanto, Minggu (01/9/2024).

Foto berssama peserta sosialisasi peran LPM Kelurahan Guntung dalam upaya pembangunan daerah. (Dok.digtalpos)

Sementara itu Lurah Guntung, Denny Febrian, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) yang ada di Guntung sangat faham akan tugas dan fungsinya masing-masing. Tak hanya itu, LKK di Kelurahan Guntung juga solid, saling mendukung guna menjadikan Guntung lebih rakat, dan lebih hebat.

“Di Guntung itu mau kegiatannya siapa, mau kegiatannya apa, semunya kompak. Dengan adanya penyegaran soal tugas dan fungsi LPM ini, semoga kedepan Guntung bisa lebih rakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Denny juga menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam pembangunan daerah, dan mengajak warga terlibat langsung dalam berbagai program pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah.

Acara sosialisasi ini tidak hanya berisi paparan materi, tetapi juga melibatkan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif. Beberapa topik utama yang dibahas meliputi insentif anggota LPM, perencanaan pembangunan, transparansi pelaksanaan proyek, hingga fungsi pengawasan LPM.

Diakhir kegiatan, Yasur (narasumber) berjanji akan meneruskan usulan serta masukan yang disampaikan anggota LPM kepada OPD terkait, salah satunya kepada Dinas PUPR Kota Bontang.

Dari amatan media ini di lokasi, semua peserta tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga usai. Puluhan dorprize menarik pun dibagikan. Memanfaatkan momentum ini, Ketua LPM Hariyanto juga membacakan AD-ART LPM Kelurahan Guntung, dan disepakati lewat musyawarah mufakat. (*)

Penulis: AsepEditor: Redaksi