Andi Faiz Dorong Pemkot Bontang Segera Isi Posisi Dewas Definitif Perumda AUJ

Andi Faiz Dorong Pemkot Bontang Segera Isi Posisi Dewas Definitif Perumda AUJ
Ketua Sementara DPRD Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam (Dok.digtalpos)

DIGTALPOS.com, Bontang, Kalimatan Timur – Ketua Sementara DPRD Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam, memberikan perhatian serius terhadap kelangsungan Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha dan Jasa (Perumda AUJ) Bontang.

Ia mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang untuk segera mengisi posisi Dewan Pengawas (Dewas) definitif yang sudah lama kosong. Menurutnya, pengisian posisi ini sangat mendesak agar perusahaan dapat berjalan lebih optimal dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Sejak Maret 2024, posisi Dewas Perumda AUJ hanya diisi oleh seorang pelaksana tugas (Plt), yakni Deddy Haryanto, setelah pengunduran diri Amiluddin. Kondisi ini, menurut Andi Faiz, kurang ideal karena seorang Plt Dewas dianggap tidak bisa memberikan perhatian penuh dan tanggung jawab yang diperlukan untuk mengawasi jalannya perusahaan dengan baik.

“Lebih baik Dewas definitif yang menjalankan pengawasan, agar kinerja perusahaan bisa sesuai dengan rencana yang telah disusun,” ujar Andi Faiz, kepada awak media baru-baru ini.

Lebih lanjut ia menegaskan, Dewas definitif akan lebih efektif dalam menjalankan fungsi pengawasan yang diperlukan secara berkala dan rutin.

Politikus Partai Golkar Bontang ini juga menyampaikan keprihatinannya terkait pengawasan yang kurang optimal yang berpotensi menghambat kemajuan Perumda AUJ. Ia yakin, dengan adanya Dewas definitif, perusahaan akan lebih terarah dan terencana dalam mencapai target-target yang telah ditetapkan.

Tak hanya itu, ia berharap Dewas definitif yang terpilih nantinya merupakan sosok yang benar-benar memahami seluk-beluk perusahaan dan mampu mengatasi berbagai masalah internal yang ada. Menurutnya, hal ini sangat penting agar Perumda AUJ bisa mencapai kemandirian fiskal dan tidak terus bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bontang.

“Dengan pengawasan yang lebih baik, saya yakin perusahaan dapat berkembang lebih cepat dan lebih stabil,” tegasnya.

Penunjukan Dewas definitif juga diharapkan dapat memperkuat posisi perusahaan di masa depan, mengurangi ketergantungan pada dana daerah, dan mendorong Perumda AUJ untuk mencapai keberhasilan yang lebih besar.

“Ini adalah langkah penting untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas Perumda AUJ ke depan, agar perusahaan mampu menghadapi tantangan dan mencapai kesuksesan yang lebih besar,” pungkasnya. (Adv)

Penulis: YuEditor: Redaksi