HUT RI Ke-79 Tahun, Pupuk Kaltim Kobarkan Semangat Persatuan Dukung Ketahanan Pangan

HUT RI Ke-79 Tahun, Pupuk Kaltim Kobarkan Semangat Persatuan Dukung Ketahanan Pangan
Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo (kanan) saat emnghadiri peringatan HUR RI ke-79. (Hms/PKT)

DIGTALPOS.com, Bontang, Kalimantan Timur – Perayaan Hari Kemerdekaan RI Ke-79 tahun di lingkungan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berlangsung dengan khidmat dan penuh kemeriahan. Perayaan yang berlangsung di Stadion Mulawarman Bontang tersebut diawali upacara seluruh karyawan dan insan Perusahaan, Sabtu (17/8/2024).

Mengenakan pakaian adat nusantara, bertindak sebagai pembina upacara Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo. Pada kesempatan itu Soesilo menyampaikan jika peringatan hari kemerdekaan menjadi momentum bagi Pupuk Kaltim dalam merefleksikan sekaligus memperkuat tekad secara bersama, untuk meningkatkan komitmen memberikan kontribusi terbaik terhadap pembangunan bangsa dan negara.

Menurut Soesilo, semangat persatuan, kerukunan, kerja keras dan gotong royong merupakan pondasi terpenting dalam perjalanan Indonesia. Hal ini pula yang menjadi landasan Pupuk Kaltim dengan meningkatkan peran serta dukungan terhadap kemajuan sektor pertanian, sebagai salah satu fungsi yang terus diupayakan Perusahaan secara maksimal.

Dimana hal tersebut bermuara pada satu cita-cita, yakni terwujudnya ketahanan pangan nasional. Maka dari itu semangat persatuan dan kesatuan hingga rasa kebersamaan kata Soesilo sudah sepatutnya dijaga dan ditingkatkan, untuk saling bahu-membahu dalam menghadapi berbagai tantangan.

“Melalui peringatan HUT RI ke-79 ini, Pupuk Kaltim menegaskan untuk terus menyingsingkan lengan baju, dengan mengobarkan semangat bersatu, berkarya dan berkarsa demi tujuan mulia,” ucap Soesilo.

Sejalan dengan tema “Nusantara Maju, Indonesia Maju” pada HUT RI tahun ini, pun menjadi penanda bagi Pupuk Kaltim untuk bersiap menyambut tiga momen transisi penting Indonesia beberapa waktu ke depan. Diantaranya menyongsong Ibu Kota Negara baru, pergantian pemimpin negara dan perjalanan menuju Indonesia Emas 2045. Tiga momen ini kata dia, merupakan transisi besar dan semua bagian harus ikut andil serta bersiap menyongsong Indonesia yang lebih maju.

Begitu pula dengan Pupuk Kaltim, memastikan terus berupaya menggali potensi teknologi dan inovasi, guna menjalankan semangat hilirisasi yang digaungkan pemerintah sebagai salah satu prioritas dalam membangun kemandirian industri pupuk nasional. Hal ini telah dijabarkan Pupuk Kaltim melalui roadmap pertumbuhan perusahaan 40 tahun ke depan, yang mencakup hilirisasi petrokimia berbasis energi terbarukan.

“Pupuk Kaltim optimis berbagai strategi yang dirancang akan menghasilkan output positif, dengan dukungan semangat dan kerja sama yang baik seluruh insan Perusahaan,” lanjut Soesilo.

HUT RI Ke-79 Tahun, Pupuk Kaltim Kobarkan Semangat Persatuan Dukung Ketahanan Pangan
Salah satu lomba antar karyawan dan unit kerja perusahaan yang digelar Pupuk Kaltim usai upacara. (Hms/PKT)

Guna meningkatkan semangat dan optimisme tersebut, berbagai rangkaian perlombaan antar karyawan dan unit kerja perusahaan pun digelar Pupuk Kaltim usai upacara. Beberapa lomba itu yakni Tarik Tambang, Memasukkan Sedotan dalam Botol, Tebak Kata, Susun Gelas serta Lomba Bakiak.

Seluruh karyawan pun bersatu saling beradu ketangkasan dalam jalinan kebersamaan, sebagai representasi jiwa korsa untuk saling dukung dan bergandeng tangan memberikan kontribusi terbaik terhadap kemajuan perusahaan.

“Jiwa korsa dan komitmen untuk terus bersatu dengan saling dukung antar karyawan, menjadi kekuatan utama Pupuk Kaltim menjalankan amanah negara sekaligus berkontribusi optimal bagi ketahanan pangan. Hal ini selalu kami jaga dan kedepankan, agar Pupuk Kaltim senantiasa siap dalam menghadapi berbagai tantangan,” terang Soesilo.

Tidak hanya terbatas pada lingkup internal perusahaan, Pupuk Kaltim juga menggelar berbagai kegiatan menarik bagi masyarakat Bontang pada perayaan Hari Kemerdekaan Ke-79, yang terangkum dalam Pesta Rakyat 2024. Hal ini juga wujud komitmen Pupuk Kaltim untuk bergandengtangan bersama masyarakat, guna menjaga kedekatan yang selama ini terbina dengan baik. Sehingga semangat kebersamaan yang digaungkan, tidak hanya tumbuh dan mengakar di lingkungan keluarga besar perusahaan tapi juga dengan masyarakat secara keseluruhan.

“Pupuk Kaltim menyadari, tanpa dukungan masyarakat maka perusahaan pun tidak akan bisa tumbuh dan berkembang hingga saat ini. Maka dari itu, penting bagi Pupuk Kaltim untuk saling bergandeng tangan dan secara bersama mendukung pembangunan,” pungkas Soesilo. (*)

Penulis: PktEditor: Redaksi