Perayaan HUT ke-79 RI, Ketua DPRD Bontang Bacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan

Perayaan HUT ke-79 RI, Ketua DPRD Bontang Bacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan
Perayaan HUT ke-79 RI, Ketua DPRD Bontang Bacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan

DIGTALPOS.com, Bontang, Kalimantan Timur – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Kota Bontang, di pusatkan Lapangan Stadion Taman Prestasi, Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Sabtu (17/8/2024).

Peringatan hari jadi RI ini berlangsung dengan penuh khidmat dan emosi mendalam. Dalam kesempatan itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang sementara, Andi Faizal Sofyan Hasdam, dengan penuh khidmat membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Pembacaan teks proklamasi ini menjadi inti dari upacara, menegaskan kembali makna kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia. Andi Faiz, sapaan akrakbanya, membacakan pernyataan kemerdekaan dengan penuh rasa tanggung jawab dan harapan untuk pemindahan kekuasaan yang tepat dan cepat.

Dalam kutipan teks proklamasi yang dibacakan, Andi Faiz menyatakan, “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya,” ucapnya.

Pernyataan ini menggema di lapangan, mengingatkan semua yang hadir tentang pentingnya kemerdekaan dan tanggung jawab yang menyertainya.

Wali Kota Bontang, Basri Rase, hadir sebagai inspektur upacara, sementara Lettu Arh Aryandi Putra Telaumbanua dari Batalyon Arhanud 007/ABC Bontang dipercaya sebagai komandan upacara. Kehadiran kedua sosok ini menunjukkan sinergi yang kuat antara pemerintah daerah dan aparat keamanan dalam merayakan momen penting ini.

Usai upacara, Andi Faiz menyampaikan harapannya agar kemerdekaan yang telah diraih dapat dirasakan oleh seluruh rakyat, termasuk warga Bontang. Ia menekankan pentingnya kemerdekaan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari pendidikan hingga kesehatan. “Sesuai temanya ‘Nusantara Baru Indonesia Maju,’” tegasnya.

Andi Faiz juga menyoroti perlunya pemerataan kesejahteraan di Bontang, khususnya bagi masyarakat pesisir yang selama ini menghadapi berbagai tantangan dalam mengakses layanan dasar. “Upaya ini harus terus didorong agar pembangunan di Bontang berjalan secara maksimal,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Andi Faiz menegaskan komitmen Pemerintah Kota Bontang dan DPRD untuk terus bekerja keras mewujudkan cita-cita kemerdekaan dan kesejahteraan yang merata. Ia berharap peringatan HUT ke-79 RI ini menjadi momentum refleksi bagi seluruh elemen masyarakat untuk terus memperjuangkan nilai-nilai kemerdekaan dan membangun masyarakat yang adil dan sejahtera melalui semangat kemerdekaan yang diwujudkan dalam berbagai program pembangunan. (Adv)

Penulis: YuEditor: Redaksi