Daerah  

Gandeng Pemkab Kutim, PT KNI Luncurkan Program Sidrap Berdikari

Gandeng Pemkab Kutim, PT KNI Luncurkan Program Sidrap Berdikari
Senior Site Director PT KNI, Bakat Subroto Hadi, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman berfoto bersama kelompok tani Cinta Damai, disela-sela peluncuran Program Sidap Berdikari (Dok.digtalpos)

DIGTALPOS.com, Kutai Timur – PT Kaltim Nitrate Indonesia (KNI) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, meluncurkan program baru yang bertajuk “Sidrap Berdikari” pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Acara launching berlangsung di Dusun Sidrap Dalam, Desa Martadinata, Kecamatan Teluk Pandan. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, termasuk Camat Teluk Pandan, Anwar.

Program Sidrap Berdikari bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani di daerah tersebut. Kelompok tani “Cinta Damai,” yang merupakan salah satu kelompok binaan PT KNI, tidak hanya fokus pada budidaya ikan air tawar, tetapi juga terlibat dalam pertanian dengan menanam seribu lebih pohon pepaya di lahan hampir satu hektar. Selain itu, kelompok tani ini berencana untuk memperluas usaha mereka ke sektor peternakan dalam waktu dekat.

Senior Site Director PT KNI, Bakat Subroto Hadi, menjelaskan program ini adalah hasil dari pembinaan yang telah dilakukan selama setahun terakhir. PT KNI memberikan edukasi mengenai pengelolaan pertanian terintegrasi dan menyediakan fasilitas budidaya ikan menggunakan drum daur ulang dari pabrik.

Bakat juga mengungkapkan bahwa kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Sidrap Dalam. Ia menyebutkan bahwa ide program ini terinspirasi oleh suksesnya program serupa yang dikembangkan oleh Pertamina Gas di desa ini.

“Saat ini, kelompok tani telah menanam 1.000 pohon pepaya dengan rencana perluasan hingga memenuhi kebutuhan pasar. Kami juga sedang menyiapkan program budidaya ikan yang menargetkan 21.000 ekor. Dukungan dari pemerintah dan OPD sangat penting untuk kesuksesan program ini,” kata Bakat.

Gandeng Pemkab Kutim, PT KNI Luncurkan Program Sidrap Berdikari
Senior Site Director PT KNI, Bakat Subroto Hadi (empat dari kiri) bersama Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman (tengah) memamerkan pepaya hasil kelompok tani Cinta Damai. (dok.digtalpos)

Ketua Kelompok Tani “Cinta Damai,” Muhammad Idris, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT KNI dan pemerintah yang telah memberikan dukungan. Ia berharap proposal yang telah diajukan kepada pemerintah untuk sektor peternakan, dapat segera terealisasi. Tak lupa Idris juga bertertimakasih kepada PPL Martadinata serta dinas pertanian yang telah memberikan bantuan penting seperti kultivator.

Sementara itu, Bupati Ardiansyah Sulaiman, mengapresiasi inisiatif PT KNI dan menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta. “Kami berharap program ini dapat berkelanjutan dan memberikan hasil yang maksimal. Masyarakat memiliki potensi besar, dan dengan dukungan ini, kami yakin bahwa mereka akan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka secara signifikan,” ujar Bupati.

Program Sidrap Berdikari diharapkan dapat menjadi model sukses untuk pengembangan ekonomi berbasis pertanian dan peternakan di Kutai Timur. (*)

Penulis: AsepEditor: Redaksi