Tour Literasi Pelajar di DPK Bontang, Kabid Perpustakaan Sebut Masih Banyak yang Belum Kenal Perpusda

Salah satu giat wisata literasi yang dilakukan anak-anak SD di DPK Bontang (dok: digtalpos)

DIGTALPOS.com, Bontang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang terus berkampanye meningkatkan literasi dalam bentuk wisata literasi atau tour literasi.

Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti, melalui Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan, Indra Nopika Wijaya, mengatakan tour literasi ini kerap dilakukan anak-anak SD dan SMP.

Untuk SD, kata dia, lebih banyak diarahkan ke perpustakaan agar lebih gemar membaca. Meski begitu, alur tour literasi ini hampir sama untuk setiap tingkatan. Dari perpustakaan, kemudian ke ruang multimedia lalu ke ruangan santai.

“Kalau di SD ini banyak pengenalannya ya. Biasanya tour literasi di perpustakaan. Arahnya agar gemar membaca. Karena kita ya alurnya tetap sama. Mereka ke multimedia, kemudian ke ruang baca, ke ruang santai,” ucap Indra saat dihubungi Digtalpos Jumat (13/7/2024) kemarin.

Kepala Bidang Perpustakaan DPK Bontang Indra Nopika Wijaya (dok: digtalpos)

Dia lebih lanjut menyampaikan, untuk di ruang multimedia, pemutaran film sesuai dengan minat para pengunjung dengan catatan wajib film yang bernuansa edukatif. Terlebih akan sangat bagus jika sesuai dengan disiplin ilmu mereka.

“Kalau di multimedia ini kan ditayangkan film yang sesuai dengan niatnya dengan catatan yang edukatif. Sesuai dengan disiplin ilmunya. Pengetahuan terkait sekolah dasar dan sebagainya,” terangnya.

“Kalau SD itu biasanya juga film kebersihan, peringatan tentang jangan buang sampah sembarangan. Jadi film-film yang edukatif. Tapi mereka juga kadang request,” tambah Indra.

Indra pun mengherankan karena sebagian besar dari para pengunjungnya, baik di tingkat SD mau pun SMP, tidak banyak yang mengetahui seperti apa kondisi perpustakaan daerah (Perpusda) Kota Bontang.

“Nahhh mereka yang datang itu ternyata sebagian besar itu belum tau kondisi perpustakaan kaya apa di Kota Bontang ini,” tutupnya. (Adv)

Penulis: AgEditor: Redaksi