BPBD Bontang Pantau 93 Orang Wisatawan Beras Basah

BPBD Bontang Pantau 93 Orang Wisatawan Beras Basah
Petugas BPBD Bontang saat memantau pengunjung Pulau Beras Basah (ist)

DIGTALPOS.com, Bontang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bontang melakukan pemantauan dan pengawasan di Pulau Beras Basah, Minggu (9/6/2024).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bontang, Usman mengatakan, pada minggu ke-2 di bulan Juni ini, pengunjung Pulau Beras Basah tak terlalu ramai. Hanya sekitar 93 orang pengunjung yang mendatangai wisata pesisir itu.

“Kami tetap menerjunkan personel lengkap guna melakukan pengawasan. Sebanyak 12 orang petugas memantau para pengunjung Beras Basah,” katanya.

Usman menambahkan, dari 93 pengunjung, 62 orang diantaranya pengunjung lokal Bontang, 12 orang dari Kutai Timur, 19 orang dari Penajam Paser Utara, dan sebanyak 10 kapal pengantar wisatawan.

Sepanjang pengawasan, terdapat satu pengunjung lokal yang tersengat Ikan Klepo saat berenang.

“Langsung ditangani dan di evakuasi ke Pelabuhan Tanjung Laut Indah dan dibawa oleh PSC ke Rumah Sakit Amalia,” ujarnya.

Usman berkomitmen, Tim BPBD Bontang akan selalu melakukan pemantauan untuk setiap kegiatan pengunjung di Pulau Beras Basah pada setiap akhir pekan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan evakuasi pengunjung dan penanganan, ketika ada korban luka.

“Kami juga pantau di pelabuhan kapal wisata Tanjung Laut Indah,” terangnya.

Menurutnya, patroli berjalan dengan baik, jika semua pihak bekerjasama menjaga keselamatan saat berada di laut.

Penggunaan pelampung itu juga sangat penting, ketika berada di kapal wisata menuju Beras Basah ataupun kembali ke pelabuhan.

“Selalu diingatkan para para pemilik kapal wisata agar memperhatikan penumpangnya,” ujarnya. (Adv)

Penulis: SdahEditor: Redaksi