Disdamkartan Bontang Gelar Lomba Fire Combat

Petugas pemadam kebakaran Kota Balikpapan saat mengikuti lomba fire combat yang dilaksanakan dalam rangka HUT Damkar ke -104 .(Digtal/Asep)

DIGTALPOS.com, Bontang – Memasuki hari ke-3 kegiatan Damkar Exhibition 2023, panitia acara menggelar lomba adu ketangkasan atau fire combat.

Sebanyak 8 dari 10 kabupaten/kota se-Kalimantan Timur (Kaltim) turut serta dalam lomba ini. Hanya Kabupaten Berau dan Muhulu yang tidak mengirimkan perwakilan Pasukan Biru (istilah untuk petugas Damkar) untuk mengikuti tersebut.

Ilham, salah satu juri menuturkan, lomba ini merupakan simulasi penyelamatan yang harus dilakukan petugas Damkar saat terjadi kebakaran. Sedikitnya ada 6 rintangan yang harus dilalui oleh para peserta.

“Semua rintangan penting untuk dilalui peserta, dan kami nilai ketepatan serta kecepatan peserta dalam melewati semua rintangan,” ucap Ilham, Senin (03/06/2023).

Lebih lanjut Ilham menambahkan, melewati rintangan serta melakukan penyelamatan terhadap korban kebakaran ini penting disimulasikan. “Agar apinya padam, korban serta petugasnya selamat,” jelasnya.

Sekadar diketahui, Damkar Exhibition 2023 ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran yang ke-104. Bontang terpilih sebagai tuan rumah peringatan HUT Damkar tingkat Provinsi Kaltim. Seluruh kegiatan dipusatkan di Lapangan Besai Berinta (Lang-lang) mulai tanggal 3-9 Maret 2023. (adv)

Penulis: AsepEditor: Redaksi