Video  

VIDEO : Jelang HJB ke-692, Kelurahan Toro Gandeng JPKP Bersihkan Akses Cagar Budaya

DIGTALPOS.com, Bone – Pemerintah Kelurahan Toro, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menggelar kerja bakti jelang puncak peringatan hari jadi bone ke-692.

Kerja bakti berupa pembersihan dan pemasangan umbul-umbul di area situs Manurung’E ri Toro ini melibatkan ormas DPC JPKP Bone dan masyarakat Toro.

Kasi Trantib Kelurahan Toro, Haedar Hafid menerangkan, situs sumur tua yang ada di Kelurahan Toro ini masuk dalam agenda kunjungan rangkaian peringatan Hari Jadi Bone.

Air sumur ini menjadi salah satu dari tujuh air sumur yang digunakan dalam ritual penyucian benda pusaka yang disebut dengan mattompang.

Diceritakan salah seorang tokoh masyarakat Toro, Tawile, bahwa sumur ini sudah ada sejak zaman Raja Bone Pertama, Manurung’e ri Matajang Mata Silompo’E.

Di sumur inilah awal mula munculnya Manurung’e ri Toro bernama We Tenri Wale, yang menjadi istri Manurung’E ri Matajang.

Bila hendak ke sumur ini, kita harus berjalan kaki melewati jalan tani yang jaraknya kurang lebih 200 meter dari jalan poros Kelurahan Toro.

Penulis : Idul Abdullah